Kamis, 24 September 2009

Ganti Template, tapi Widgetnya Tidak Hilang

Mengganti template blogspot bagi saya adalah hal yang perlu dan penting. Namun, bagi blogger blogspot, apalagi yang sudah lama setia dengan template lama biasanya merasa agak khawatir dan wegah. Anda mungkin malas harus mengkopi-paste puluhan widget yang telah anda pasang diblog dan juga takut kalau banyak setting-an blog yang kacau balau. Mumpung masih fresh dan ingat maka saya share pengalaman ini kepada rekan semua terutama pengguna blogspot.

Perasaan tersebut juga sempat membuat saya ragu untuk mengganti template blog lama saya. Namun, saya beranikan untuk mengubah template blogspot dengan tujuan:

* Untuk penyegaran: supaya tidak bosan.
* Mengganti template blogspot yang SEO friendly.
* Tujuan Monetasi seperti adsense, Referral, TLA dll
* Melatih trampil kalau anda buat blog lebih dari satu. Mumpung gratis, lumayan kan kalau bisa diikutkan PTR.


Dari pengalaman saya, ada beberapa hal dan trik yang harus anda lakukan supaya anda dapat lebih cepat mengganti template blogspot dengan template baru tanpa memback-up widget blog anda.

Berikut hal yang harus anda siapkan dan kerjakan:

1.Cari dan temukan template yang benar-benar pas dengan selera anda. Ini sangat penting dan wajib. Sebaiknya melihat demo template tersebut seperti apa. Tidak perlu tergesa-gesa memutuskan. Kenapa ini penting? Karena hal ini, kemarin saya harus mengulang dari awal dan harus memback-up semua widget. Jadi butuh berjam-jam nongkrong di komputer.

Kesalahan saya adalah memilih template tanpa melihat demonya (maksudnya: anda harus memperbesar preview dan lihatlah semua page elemen dan baca spesifikasinya). Setelah saya upload ternyata saya tidak suka dan saya kembalikan ke template awal. Celakanya setelah menemukan template yang sesuai, kemudian saya upload lagi, tiba-tiba blogspot menolak untuk mensave. Kenapa? Untuk hal ini saya juga kurang tahu. Menurut amatan saya sih karena mengulang dan banyak widget yang harus didelete, jadi google menolak save. Padahal sebelumnya dikabulkan. Solusinya…. Mau tidak mau harus manual. (Nanti saya jelaskan). Jika sudah ada yang pas dihati, download template blogspot baru tersebut dan save di komputer anda.


2.Setelah menemukan template blogspot yang cool dan cocok, sekarang anda masuk ke blog anda. Klik >Customize>Lay Out>Edit html. Anda back up kode skrip blog anda dan simpan di computer anda. Udah tahu kan cara back up? Klik Full Template download simpan di hardisk komputer.

3.Klik Page Element > Klik Edit semua widget di sidebar anda dan biarkan dulu. Jadi apabila anda mempunya widget 20, berarti jendela yang terbuka juga 20.
Catatan: untuk Google Analytics, site map, kode social bookmark dan kode adsense dll anda simpan kodenya dan perhatikan dimana letaknya di skrip template lama. Nanti berguna karena akan dipasang lagi.

4.Sekarang saat yang mendebarkan. Klik tulisan browse dan masukkan hasil download template baru (misalnya: ourblogtemplatesdotcom.xml). Klik upload dan tunggu hasilnya. Setelah itu biasanya ada tulisan Confirm & Save dan di atasnya terdapat daftar widget yang akan hilang. Maju terus dan klik Confirm & save. Berhasil? Klo tidak ada tulisan permintaan galat anda ditolak, berarti anda sukses. Klo ternyata ditolak, saatnya lembur mengerjakan dengan manual.

Jika berhasil namun belum bisa di save. Biasanya ada nama widget yang sama atau masalah lain. Misalnya: nama di kode skrip ada 2 dengan nama html1. Ubah aja salah satu dengan angka lain misalnya: html6 (asalkan belum ada). Check menggunakan toolbar Edit > Find. Tulislah html6. Jika belum ada, ganti salah satu html1 dengan html6.

5. Selanjutnya, anda pindahkan dan atur satu persatu widget yang 20-an tadi (yang terbuka jendelanya). Kopi paste aja.

6. Simpan, dan cek semua. Mulai readmore…, tombol social bookmarking, sitemap, google analytics, iklan di body post sepeti adsense dll. Kalau ada yang kurang anda googling aja ya untuk mencari solusinya. Pengalaman saya kemarin: readmore, google analytics, sitemap, kotak komentar tidak tampil. Saya Googling cari info dan benahi. Beres.

Klo blogspot tidak memenuhi permintaan untuk save template blogspot baru, gimana solusinya? Terpaksa mas harus memakai cara manual, seperti saya kemarin:

1.Anda back up semua widget (kan jendenya masih belum anda close, jadi tinggal copypaste) dan simpan dengan nama yang berbeda-beda.

2.Anda masuk lagi ke blog anda di page element. Hapus semua widget, klo ada yang nggak bisa di delete, biar saja. Anda teruskan menghapus yang lain, sampai benar-benar tersisa widget yang tidak berhasil anda hapus.

3.Sekarang tinggal beberapa widget saja 3 atau 4 widget.

4.Ulangi tahap nomor empat di atas. Semoga berhasil.

5.Klo udah berhasil. Kopi paste semua widget yang anda back up di computer dan letakkan di page element, sesuai selera anda. Sedikit lama sih, namun it’s OK.

6.Jika semua widget udah terpasang. Klik Save.

7.Selamat Anda berhasil mengganti template lama denga yang baru., terasa nih catnya masih nempel.

Semua yang tertulis itu pengalaman saya, dan bagi anda yang memiliki pengalaman lain yang lebih mudah, silahkan di share. Terima kasih.

0 Komentar:

Posting Komentar

Komentar Silahkan ...

 

Suprihono Blog Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template